Penyakit Periodontal: Gejala, Pengobatan & Pencegahan

Pada tahap awal penyakit gusi, juga dikenal sebagai gingivitis, menyebabkan gusi menjadi merah, bengkak, dan teriritasi. Selama tahap akhir penyakit, yang dikenal sebagai Periodontitis, bakteri mempengaruhi jaringan di sekitar gigi. Gusi mudah berdarah ketika gigi Anda tidak secara rutin disikat dan di-floss.

Mencegah Penyakit Periodontal

Perawatan penyakit gusi akan dirawat tergantung pada tingkat keparahan kondisi Anda. Kasus-kasus penyakit ringan dapat dihilangkan dengan kebersihan mulut yang baik dan kunjungan rutin ke dokter gigi Anda. Membersihkan gigi dua kali sehari menggunakan pasta gigi berfluoride dan flossing setidaknya satu kali akan membantu menghilangkan banyak plak dan partikel makanan, seperti yang direkomendasikan oleh American Dental Association. Bagaimana jika Anda masih mendapatkan penyakit periodontal bahkan dengan pembersihan rutin?

Penyakit periodontal dapat berkontribusi pada masalah kesehatan lainnya. Banyak peneliti sedang mempelajari kemungkinan hubungan antara penyakit gusi dan faktor genetik termasuk alkohol dan merokok. Penyakit gusi menempatkan Anda pada risiko yang lebih tinggi untuk penyakit jantung dan stroke yang disebabkan oleh penyumbatan pembuluh darah. Orang dengan diabetes yang tidak terkontrol lebih rentan terserang penyakit gusi. Ini dapat menyebabkan infeksi paru-paru atau memperburuk kondisi paru-paru yang ada yang menyebabkan pneumonia berat. Obat-obatan tertentu diketahui menyebabkan penyakit ini. Kehamilan dapat menyebabkan penyakit gusi dan kelahiran prematur pada beberapa wanita.

Mengobati Penyakit Periodontal

Kasus yang lebih parah akan membutuhkan intervensi bedah. Perawatan lanjutan biasanya dimulai dengan prosedur pembersihan mendalam yang disebut Scaling and Root Planing. Terapi Periodontal Laser akan menghilangkan semua karang gigi dan bakteri yang terbentuk di bawah garis gusi dengan waktu perawatan yang lebih singkat. Gusi akan dijahit kembali dan secara efektif akan menempel kembali ke gigi. Setelah operasi, jaringan gusi yang sakit akan disembuhkan dan lebih pas di gigi Anda. Teknologi laser sangat tepat dan dapat digunakan untuk menjaga bagian gigi yang sehat sambil menghilangkan gigi berlubang. Terapi gusi laser akan meminimalkan perdarahan dan pembengkakan gusi, dan mengurangi rasa tidak nyaman, dan kebutuhan akan terapi yang lebih invasif.

Perawatan Penyakit Gusi

Jika Anda membutuhkan perawatan gusi, hubungi ahli periodontik Anda yang akan memeriksa tanda-tanda penyakit gusi. Ahli periodontik dapat merekomendasikan perawatan gusi pencegahan untuk mencegah penyakit. Tergantung pada kondisi Anda, spesialis gigi kami dapat merekomendasikan berbagai perawatan untuk membantu memulihkan kesehatan seluruh mulut Anda. Dengan praktik kebersihan mulut yang baik dan janji temu rutin untuk pembersihan dan ujian profesional, Anda dapat menurunkan risiko penyakit periodontal yang berkembang menjadi masalah serius!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *