Mengobati Batu Empedu Dengan Cara Ini

Jika gejala Anda menunjukkan masalah batu empedu, dokter mungkin terlebih dahulu memeriksa kulit Anda dan kemudian memeriksa perut Anda. Tes darah dapat mengungkapkan bukti adanya obstruksi. Karena masalah pencernaan lainnya, seperti infeksi saluran, dapat menghasilkan gejala yang mirip dengan serangan batu empedu, dokter juga dapat melakukan tes lain untuk menentukan apakah batu empedu sebenarnya adalah penyebabnya.

Teknik yang paling umum sebagai cara mengobati batu empedu adalah tes ultrasound. Prosedur cepat dan tanpa rasa sakit ini menggunakan gelombang suara frekuensi tinggi untuk membuat gambar kantong empedu, saluran empedu, dan isinya. Pemindaian CT juga kadang dilakukan untuk melihat anatomi organ dalam Anda.

Tes yang lebih rumit dapat digunakan jika dokter mencurigai bahwa batu empedu bersarang di saluran empedu. Umumnya dikenal dengan singkatan ERCP, tes ini memungkinkan dokter untuk melihat saluran empedu melalui tabung fleksibel kecil yang disebut endoskop. Dokter menyemprotkan bagian belakang tenggorokan pasien dengan obat bius untuk mencegah tersedak, menenangkan pasien, dan memasukkan endoskop ke mulut, melalui perut, dan ke daerah usus kecil tempat saluran empedu masuk. Pewarna disuntikkan melalui tabung dan ke saluran empedu, dan kemudian dokter mengambil sinar-X. Penghapusan batu dapat dilakukan selama prosedur ini juga. Prosedur ini memakan waktu sekitar satu jam.

Tes dan prosedur yang digunakan untuk mendiagnosis batu empedu dan komplikasi batu empedu meliputi:

1. Ultrasonografi perut.

Tes ini adalah cara mengobati batu empedu yang paling umum digunakan untuk mencari tanda-tanda batu empedu. Ultrasonografi abdomen melibatkan menggerakkan perangkat (transduser) bolak-balik melintasi area perut Anda. Transduser mengirimkan sinyal ke komputer, yang menciptakan gambar yang menunjukkan struktur di perut Anda.

2. Ultrasonografi endoskopi (EUS).

Prosedur ini dapat membantu mengidentifikasi batu-batu kecil yang mungkin terlewatkan pada USG perut. Selama EUS dokter Anda melewati tabung tipis (fleksibel) melalui mulut Anda dan melalui saluran pencernaan Anda. Alat ultrasound kecil (transduser) dalam tabung menghasilkan gelombang suara yang menciptakan gambar yang tepat dari jaringan di sekitarnya.

3. Tes pencitraan lainnya.

Tes tambahan dapat meliputi kolesistografi oral, pemindaian asam hinobilier iminodiacetic (HIDA) hepatobiliary, computerized tomography (CT), magnetic resonance cholangiopancreatography (MRCP) atau endoskopi retrograde cholangiopancreatography (ERCP). Batu empedu yang ditemukan menggunakan ERCP dapat dihilangkan selama prosedur.

4. Tes darah.

Tes darah dapat mengungkapkan infeksi, penyakit kuning, pankreatitis atau komplikasi lain yang disebabkan oleh batu empedu.

5. Kolesistektomi laparoskopi

Kebanyakan orang dengan batu empedu yang tidak menyebabkan gejala tidak akan memerlukan perawatan. Dokter akan menentukan apakah pengobatan untuk batu empedu diindikasikan berdasarkan gejala dan hasil tes diagnostik Anda. Dokter mungkin menyarankan agar Anda waspada terhadap gejala komplikasi batu empedu, seperti rasa sakit yang meningkat di perut kanan atas Anda. Jika tanda dan gejala batu empedu terjadi di masa depan, Anda dapat menjalani perawatan.

Pilihan cara mengobati batu empedu meliputi :

• Pembedahan untuk mengangkat kandung empedu (kolesistektomi).

 Dokter mungkin merekomendasikan operasi untuk mengangkat kantong empedu Anda, karena batu empedu sering kambuh. Setelah kantong empedu Anda dikeluarkan, empedu mengalir langsung dari hati Anda ke usus kecil Anda, daripada disimpan di kantong empedu Anda.

Anda tidak memerlukan kantong empedu untuk hidup, dan pengeluaran kantong empedu tidak memengaruhi kemampuan Anda untuk mencerna makanan, tetapi itu bisa menyebabkan diare, yang biasanya bersifat sementara.

• Obat untuk melarutkan batu empedu.

Obat yang Anda gunakan melalui mulut dapat membantu melarutkan batu empedu. Tetapi mungkin butuh berbulan-bulan atau bertahun-tahun perawatan untuk melarutkan batu empedu Anda dengan cara ini, dan batu empedu kemungkinan akan terbentuk lagi jika pengobatan dihentikan. Terkadang obat-obatan tidak bekerja. Obat-obatan untuk batu empedu tidak umum digunakan dan disediakan untuk orang-orang yang tidak dapat menjalani operasi.

Sumber :

www.webmd.com

www.mayoclinic.org

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *